kriwil logo

aldiantoro nugroho. @kriwil. indonesia. part-time programmer. full-time dreamer. elm. linux. ubuntu. python. django. vim. indiana pacers. manchester united. random.

  1. GP F1 AS: hasilnya ...

    Wah, sebenarnya ngga ada mood buat nulis hasilnya di sini. Soalnya, balapannya sangat tidak menarik, hanya diikuti oleh tiga tim yang berarti cuma enam pembalap. Tim yang ikut turut serta adalah Ferrari, Jordan, dan Minardi.

    Semuanya berawal dari kecelakaan hebat yang menimpa Ralf Schumacher di sesi latihan Jumat. Kecelakaan itu terjadi karena ban kiri belakang mobilnya yang kempes. Karena itu, Michellin, produsen ban yang digunakan tim Ralf, berkeinginan untuk mengganti set ban Toyota dengan yang baru. Tapi hal itu bertentangan dengan peraturan FIA yang melarang pergantian set ban selama masa lomba.

    Berawal dari situ, Michellin menyarankan kepada tim-tim yang menggunakan ban Michellin untuk memboikot GP AS. Akhirnya, FIA bersama tim-tim tersebut sepakat menambahkan chicane di belokan 13 guna melambatkan mobil. Keputusan itu disetujui oleh sembilan tim. Tapi di jam terakhir sebelum lomba, Ferrari menolak keputusan itu dan mem-veto-nya. Sehingga akhirnya penambahan chicane gagal dilaksanakan.

    Karena penambahan chicane tersebut gagal dilaksanakan, akhirnya ketujuh tim yang menggunaka ban Michellin memutuskan untuk memboikot lomba. Mereka sempat mengikuti lap pemanasan, tapi setelah itu mereka langung masuk ke pit.

    Sejujurnya, saya sangat kecewa dengan hasil balapan di GP AS ini. Walaupun saya penggemar Ferrari, saya sangat tidak menikmati kemenangan pertama Ferrari musim ini. Kemenangan baru akan terasa indah kalau bisa melihat Ferrari finis di depan McLaren dan Renault :P

    Ya, mudah-mudahan hal seperti ini tidak terjadi lagi di GP-GP yang akan datang :)

    — 20050620 – aldi —
If you have any comment, tweet me @kriwil.